Dua Pencuri Burung Murai Batu di Banjar Agung Ditangkap Polisi, Salah Satunya Merupakan Residivis

Kepolisian Sektor (Polsek) Banjar Agung bersama Satreskrim Polres Tulang Bawang berhasil menangkap SA (24) dan MH (34), mereka merupakan pelaku pencurian burung murai batu.

Kapolsek Banjar Agung Kompol Rahmin, SH mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Raswanto Hadiwibowo, SIK, M.Si mengatakan, para pelaku ditangkap hari Selasa (21/8) sekira pukul 08.00 WIB, ditempat yang berbeda.

“SA yang berprofesi swasta, warga Unit 5, Tiyuh Cahyo Randu, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulang Bawang Barat, ditangkap saat sedang berada di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) Cahyo Randu dan MH yang juga berprofesi swasta, warga Kampung Banjar Agung, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, ditangkap saat sedang berada di rumahnya,” ujar Kompol Rahmin.

Lanjutnya, penangkapan terhadap pelaku berdasarkan laporan dari korban Tri Maryono Asmara (40), yang berprofesi swasta, warga Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 839 / VIII / 2018 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Banjar, tanggal 03 Agustus 2018. Kerugian burung murai batu yang ditaksir seharga Rp. 7 juta.

“Aksi yang dilakukan oleh pelaku, terjadi hari Jumat (3/8) sekira pukul 12.08 WIB di rumah korban, yang mana saat itu korban pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat jum’at. Alangkah terkejutnya korban saat pulang dari masjid, melihat kandang burung miliknya sudah tergeletak di dekat pagar rumah. Korban lalu melihat rekaman CCTV (closed circuit television) dan melihat ada dua orang pelaku yang mencuri burung murai batu miliknya, kemudian korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banjar Agung,” terang Kompol Rahmin.

Kapolsek menambahkan, dari tangan para pelaku berhasil diamankan BB (barang bukti) berupa burung murai batu, sangkar burung berwarna coklat dan sepeda motor honda CB 150R warna hitam merah.

Untuk diketahui, bahwa pelaku SA merupakan residivis dalam kasus curat (pencurian dengan pemberatan) tahun 2011 dan kasus curas (pencurian dengan kekerasan) tahun 2013.

“Saat ini para pelaku, sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolsek Banjar Agung dan akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana, tentang pencurian diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.” Pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − fourteen =