Upacara Bulanan Perdana Sekaligus Lanching Tim Gurita Pahawang

Polda Lampung – Polres Pesawaran

Polres Pesawaran Gelar Upacara Hari kesadaran Naasional Yang dilaksanakan Setiap Tanggal 17 pada setiap bulannya sekaligus launching tim Gurita Pahawang Yang dibentuk Oleh Sat Sabhara Polres Pesawaran, upacara yang dipimpin langsung oleh Bapak Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, S.IK., S.H dilaksanakan dilapangan Apel Mapolres Pesawaran, Jumat (17/01/2020) Pukul 08.00 Wib.

 

Pelaksanaan Upacara Hari kesadaran Naasional Gelar Upacara diikuti para Pejabat Utama (PJU) Polres Pesawaran yang diantaranya Wakapolres Pesawaran Kompol Handak Prakasa Qalbi, S.T.,M.H kemudian Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Perwira, Bintara dan Seluruh personil Polres Pesawaran.

 

Adapun Peserta Upacara disertai dengan 1 Peleton Perwira Polres Pesawaran, 1 Peleton Tim Gurita Pahawang Sat sabhara, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Gabungan Staf, 1 Peleton Sat Reskrim, 1 Peleton Sat Intel, 1 Peleton Sat Narkoba, 1 Peleton Ba Polsek jajaran dan 1 Peleton PNS Polres Pesawaran.

 

Kegiatan upacara diawali dengan pengubaran bendera merah putih oleh petugas dari sat sabhara polres pesawaran, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara Kapolres Pesawaran yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pengucaoan tribrata, caturprasetya dan panca prasetya korpri.

 

Terakhir Inspektur Upacara memberikan amanatnya yaitu.  Assalamuallaikum wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Tabik pun…. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah swt tuhan yang maha esa karena atas limpahan rahmat dan karunia nya pada pagi hari ini kita dapat hadir dalam rangka upacara bulanan personel polres pesawaran para peserta upacara sekalian, melalui upacara bulanan ini, pertama-tama saya ingin menyampaikan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian serta prioritas kita semua berkaitan dengan pelaksanaan tugas kita sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat khususnya di wilayah hukum polres pesawaran.

 

Hasil analisa yang dan evaluasi situasi kamtibmas november dan desember di wilayah hukum Polres Pesawaran saat ini telah terjadi 23 kasus tindak pidana yang masih di dominasi oleh kasus konvensional dan meresahkan masyarakat seperti 3c (curat, curas dana curanmor), curat 9 kasus, curas 3 kasus, curanmor 1 kasus dan jumlah ini masih ditambah dengan beberapa kasus lainya seperti penipuan dan penganiayaan. Tindak pidana dari 23 diselesaikan mencapai 82 % angka penyelesaian kasus tersebut saya anggap cukup baik. Kemudian untuk terjadi pada bulan kasus tersebut dapat 21 atau sebanyak kasus lintas lalu data kecelakaan berjumlah 14 kasus yang mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, 9 orang luka berat dan 12 orang luka ringan dan jumlah pelanggaran lalu lintas sebanyak 2.763 pelanggaran.

 

Kiranya dapat terus namun pada periode berikutnya ditingkatkan dengan tidak melupakan tingkat kualitas dari pada kasus-kasus yang dapat diungkap. Juga berharap adanya suatu saya peningkatan kinerja yang baik dari satuan fungsi yang ada di polres maupun polsek tombak sebagai melaksanakan upaya pencegahan preventif ujung polri dalam serta membina suatu bentuk kemitraan atau Preemtif masyarakat dalam meniadakan segala bentuk gangguan kamtibmas peran serta bhabinkamtibmas. Bersama berbagai Elemen dan meningkatkan kemudian melihat cuaca yang terjadi saat ini sebenarnya kita sangat perlu Mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat kita duga.

Oleh karena itu kesiapsiagaan anggota Melakukan mampu kita terjadi bencana. Kesiap siagaan anggota polri adalah segala bentuk upaya untuk menyiapkan kemampuan kita agar dapat merespon kejadian bencana secara cepat dan Tepat.

 

Pengamatan terjadinya bencana dapat kita perkirakan melalui fenomena alam. Untuk itu kita harus selalu mencermati. Karena “polres pesawaran tanggap siaga bencana”.

Selanjutnya pada tahun ini kita juga akan menghadapi Operasi Mantap Praja t.a 2020 dalam rangka pelaksanaan pemilukada serentak, yang tentunya akan menguras tenaga dan fikiran kita semua, untuk itu saya mengingatkan kepada seluruh anggota untuk mempersiapkan kesehatan sehingga dalam pelaksanaanya diri menjaga kesehatan sehingga dalam pelaksanaannya.

 

Kita tidak menemukan kendala yang berarti dan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Dan untuk seluruh anggota netralitas serta tidak terlibat kegiatan penyelenggaraan pemilukada tahun 2020 jaga komitmen dan dalam politik praktis dalam dapat Menurunkan kepercayaan yang masyarakat terhadap polri. Selanjutnya ada beberapa penekanan dari bapak kapolda untuk anggota polri khususnya polres pesawaran untuk selalu menjaga solidaritas dan bersikap humanis dalam melayani masyarakat. Jangan ada yang menggunakan apalagi narkoba sebagai pengedar jika masih ada anggota yang terjaring dipastikan akan diproses secara pidana, untuk itu agar seluruh anggota menjauhi penyalahgunaan narkoba.

 

Kemudian kepada seluruh anggota polri Diharapkan bijak dalam penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, tiktok dan lain-lain, karena saat ini sudah dibentuk tim patroli cyber dari propam mabes polri dan sudah ada temuan yaitu beberapa anggota polri yang postingannya di media sosial yang melanggar ketentuan dan terjaring oleh tim Patroli Cyber Propam Mabes Polri. Para peserta upacara sekalian pada kesempatan ini sebelum mengakhiri amanat ini . Marilah kita jadikan upacara bulanan ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam Mengamankan rangka serta mensukseskan pemilu.

 

Demikian hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan upacara kali ini agar dapat kiranya menjadi perhatian serta melaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

Upacara Kali ini Juga merupakan Hari Yang dapat dikenang oleh sat sabhara polres pesawaran, dikarenakan tim yang di bentuk oleh sat sabhara yaitu “TIM GURITA PAHAWANG” telah resmi di launcing dan di sah kan sebagai tim oendobrak kinerja polres pesawaran dalam masalah menjaga keamanan dan membantu pengungkapan kasus – kasus sat reskirm polres pesawaran.

 

Pada akhirnya kapolres pun berpesan kepada tim gurita pahawang agar tetap menjaga marwah kepolisian dalam menjaga keamana dan ketertiban masyarakat. (sf_13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 11 =