700 Personel Siap Amankan Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

03/09/2024 20:10:00 WIB 140

tribratanews.lampung.polri.go.id. PMJ NEWS - Sebanyak 700 personel gabungan disiagakan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan delegasi International Sustainability Forum (ISF).

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Roberto Pasaribu mengatakan ratusan personel yang diterjunkan terdiri dari unsus TNI-Polri, AVSEC dan stakeholder Kementerian/Lembaga yang bertugas di pelayanan Bandara.

"Kami selaku Kasubsatgas Pengamanan Bandara dalam Operasi Tribrata-Jaya 2024 ini, menerjunkan 700 personel gabungan yang bertugas di pelayanan Bandara Soetta," jelas Roberto Pasaribu dalam keterangannya, Senin (2/9/2024).

Menurut Roberto, pelaksanaan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Delegasi ISF dibagi menjadi tiga ring. Ring pertama diisi oleh Paspampres, ring dua diisi oleh TNI, serta ring tiga oleh pihak kepolisian serta Avsec AP II Bandara Soetta.

"Dalam hal ini kami berperan untuk melakukan pengamanan ketibaan termasuk nantinya keberangkatan seluruh rombongan dalam 2 kegiatan kenegaraan tersebut di Bandara Soetta," tuturnya.

Lebih lanjut Roberto mengungkapkan, pada operasi terpusat dengan sandi Tribrata Jaya 2024 tersebut kepolisian telah menggelar Tactical Floor Game (TFG).

Dia menambahkan, TFG bertujuan memberikan masukan kepada satuan fungsi yang dapat mempermudah dalam koordinasi dan konsolidasi terkait pengamanan kedatangan Paus Fransiskus dan ISF khusus pengamanan Bandara Soetta.

"Kami juga melakukan kegiatan berupa sweeping di seluruh jalan Bandara Soetta dan menuju gerbang Tol Bandara Soetta untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya, agar nanti rombongan bisa berjalan dengan aman dan lancar," tukasnya.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post