https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Antisipasi Kebakaran dan Layanan Darurat Damkarmat Saat Mudik
28/03/2024 08:20:00 Views : 1427

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. BANDARLAMPUNG - Dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan selama musim mudik Lebaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dankarmat) Kota Bandarlampung telah mengambil langkah-langkah antisipatif untuk mencegah kebakaran di rumah-rumah yang ditinggalkan oleh pemudik.

Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Dankarmat) Kota Bandarlampung, Anthony Irawan, memberikan tiga tips bagi warga yang berencana untuk meninggalkan rumah saat mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Pertama, penting untuk mematikan aliran listrik yang tidak digunakan karena hal ini dapat mengurangi risiko konsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran rumah.

Kedua, pemudik disarankan untuk memberi tahu pamong setempat agar dapat saling memonitor rumah saat ditinggalkan.

Ketiga, pastikan untuk mematikan kompor dan menutup semua kran air sebelum meninggalkan rumah.

Anthony Irawan juga menekankan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menempatkan personel di setiap posko mudik yang dibentuk bersama.

"Setiap personel akan ditempatkan dalam tiga shift di pos-pos mudik yang tersebar di beberapa titik rawan kemacetan. Setiap posko dilengkapi alat pemadam kebakaran ringan untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian darurat dengan kendaraan pemudik." ungkap Anthony, Kamis, (28/3/2024).

Bagi warga Kota Bandarlampung yang mengalami musibah kebakaran, mereka dapat langsung menghubungi Hotline Damkarmat di nomor (0721) 252741 atau melalui WhatsApp di nomor 0811729445.

"Dari total petugas yang kami miliki, sebanyak 183 personel telah disiapkan dan dibagi menjadi 3 pleton. Setiap pleton terdiri dari 60 orang yang sebagian besar akan ditempatkan di 20 kecamatan, siap untuk bertugas selama 24 jam jika terjadi sesuatu," tambahnya


-->