Antisipasi Lonjakan di Akhir Pekan Ini, Menhub Pantau Arus Merak-Bakauheni

29/04/2023 12:58:00 WIB 463

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta jajarannya untuk mengantisipasi lonjakan arus balik kedua dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak pada akhir pekan ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Menhub saat memantau situasi pergerakan arus balik angkutan penyeberangan rute Merak-Bakauheni dari udara bersama Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si. pada Jumat (28/4/23).

"Walaupun hari ini pergerakan arus balik dari Bakauheni ke Merak cukup landai, tetapi harus diingat bahwa ada masyarakat yang mudiknya masih lama dan baru akan pulang akhir pekan ini," ungkap Menhub saat memberikan keterangan, Jumat (28/4/23).

"Untuk itu, kita harus layani dengan baik dan saya minta Dirut ASDP untuk menjaga ini. Mudah-mudahan tidak terjadi suatu lonjakan yang besar. Kalaupun itu terjadi, kita sudah siap mengantisipasinya," tambahnya.

Budi memaparkan langkah antisipasi untuk mengantisipasi lonjakan arus balik di Bakauheni hingga akhir pekan, salah satunya melakukan pengaturan arus kendaraan. Jika Pelabuhan Bakauheni sudah padat, kendaraan akan dialihkan ke Pelabuhan Panjang.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat, jumlah penumpang dan kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera pada arus mudik mulai H-10 hingga H Lebaran, yaitu penumpang 920.054 orang dan kendaraan 213.737 unit.

Sementara, yang telah menyeberang dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa pada arus balik mulai H2 hingga H+4 pagi ini, jumlah penumpang sebanyak 463.847 orang dan kendaraan sebanyak 104.046 unit

Share this post