BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim di Lampung Selama 3 Hari

10/06/2024 11:00:00 WIB 1.299

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Lampung - BMKG Kelas I Raden Intan Lampung mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim selama 3 hari di Lampung. Cuaca ekstrim ini diprediksi akan terjadi pada 10 - 12 Juni 2024 mendatang.

Prakirawan BMKG Lampung, Ramadhan Nurpambudi menjelaskan ada beberapa faktor penyebab terjadinya cuaca ekstrim diantaranya aktifnya gelombang MJO.

"Ada beberapa faktor diantaranya yakni aktifnya gelombang MJO atau Madden Julian Oscillation (MJO) yang merupakan suatu gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari barat ke timur dengan periode osilasi kurang lebih 30-60 hari," katanya, Senin (10/6/2024).

"Kemudian adanya belokan angin di wilayah atmosfer Lampung, hangatnya suhu muka laut di perairan Lampung, kelembapan udara yang basah atmosfer Lampung serta ketersediaan uap air yang masih cukup banyak di atmosfer Lampung," sambungnya.

Berikut sejumlah kabupaten/kota yang diprediksi akan terdampak cuaca ekstrim selama 3 hari kedepan.

Pada Senin, 10 Juni 2024 potensi hujan deras disertai angin dan petir akan terjadi di Lampung Timur, Tulang Bawang, Lampung Selatan, Pesisir Barat, Tanggamus, Lampung Barat, Pesawaran, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Tengah Hingga Mesuji.

Kemudian di hari Selasa, 11 Juni 2024, potensi cuaca buruk yang disertai angin kencang hingga petir akan terjadi dihampi seluruh kabupaten di Provinsi Lampung. BMKG memprediksi cuaca buruk ini akan terjadi di Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Timur, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Tulang Bawang Barat, Metro hingga Bandar Lampung.

Selanjutnya, di hari Rabu, 12 Juni 2024 cuaca ekstrim juga diprediksi akan terjadi di Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Bandar Lampung dan Pesisir Barat.

Share this post