https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Cegah Penyebaran DBD, Polres Lampung Utara Lakukan Foging
27/04/2024 17:40:00 Views : 25

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.  Lampung Utara - Untuk mencegah terjadinya penyebaran Demam Berdarah Dangue (DBD) di lingkungan Polres Lampung Utara dan pemukiman warga, Sidokkes Polres Lampung Utara bekerja sama dengan PKM Kotabumi 2 Dinas Kesehatan Kabupaten setempat melakukan fogging, Sabtu (27/4/24 ).

Penyemprotan dilaksanakan di berbagai titik yang teridikasi adanya sarang nyamuk di pemukiman warga Kelurahan Kota Alam, Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan dan lingkungan Mapolres Lampung Utara.

Seperti yang diketahui bersama, DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang hidup didaerah tropis dan subtropis.

Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan, kegiatan penyemprotan ini sebagai langkah pencegahan terjadinya penyebaran demam berdarah.

"Pencegahan yang dilakukan Polres ini adalah tindakan pengasapan dengan bahan Insektisida Malation yang bertujuan membunuh nyamuk khususnya pembawa penyakit DBD," kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan kepada warga, jika fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan untuk membunuh nyamuk dewasa.

Sedangkan untuk telur, larva dan jentik hanya efektif dengan tindakan 3M (Menguras, Menutup dan Mendaur ulang).

“Sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang nyamuk,” ujarnya.

Cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas terik, tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor rentannya penularan penyakit DBD.

Untuk itu dihimbau untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan gizi yang baik, bila perlu juga mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. (*)


-->