Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran, Polres Lampung Selatan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

22/04/2022 11:15:02 WIB 84

Dalam mengantisipasi lonjakan kendaraan pelaku perjalan saat arus mudik dan arus balik hari raya idul fitri 1443 H Sat Lantas Polres Lampung Selatan telah melakukan berbagai upaya.

Salah satunya melakukan skenario lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumater (JTTS) dan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan lintas timur.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP Jonnifer mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala persiapan dan kemungkinan saat arus mudik dan arus balik lebaran nanti, terimasuk menyediakan kantong-kantong parkir.

"Untuk sementara cara kami bertindak di lapangan kami sudah melakukan rekayasa lalu lintas. Jadi pengguna jalan atau pelaku perjalanan dalam negeri apabila menggunakan dermaga eksekutif mereka akan keluar di KM 8B. Kemudian masuk ke arteri. Lalu lurus tinggal masuk ke dermaga eksekutif. Jadi yang reguler bisa keluar di Bakauheni Selatan," ujar Jonnifer, Kamis (21/4).

Kasat Lantas mengatakan pihaknya sudah membuat skenario kemacetan, dengan membagi situasi berdasarkan warna.

"Tujuannya supaya tidak terjadi crossing di depan seaport. Apabila terjadi kemacetan kami sudah siapkan skenariao. Baik situasi kuning juga situasi merah. Apabila terjadi situasi kuning yaitu kemacetan sampe 1 km, petugas kami akan mengantongkan kendaraan-kendaraan tersebut di seluruh rest area yang ada di Lampung Selatan," ujarnya.

"Pada prinsipnya kami sudah siap pada segala kemungkinan yang terjadi termasuk lonjakan kendaraan. Yang pasti untuk arus mudik ataupun arus balik kami sudah persiapkan secara matang apabila ada lonjakan arus," tutupnya.

Share this post