Hari Kesaktian Pancasila 2024, Kapolres Lamtim Pimpin Upacara Peringatan

02/10/2024 07:00:00 WIB 137

tribratanews.lampung.polri.go.id. LAMPUNG TIMUR – Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu bentuk refleksi untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan ideologi Pancasila.

Dalam memperingati hal tersebut, Kapolres Lampung Timur Polda Lampung  AKBP Benny Prasetya memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024, Selasa (1/10/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Satyahabprabu Polres Lampung Timur  ini diikuti oleh Pejabat Utama Polres Lampung Timur, Personel Kepolisian, dan ASN di lingkungan Polres Lampung Timur.

Dalam upacara yang khidmat tersebut, Kapolres menyampaikan pesan penting terkait makna dari Hari Kesaktian Pancasila. Menurutnya, Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga panduan hidup yang harus dipegang teguh dalam menjalankan tugas sebagai anggota kepolisian maupun ASN.

“Pancasila adalah ideologi bangsa yang harus kita junjung tinggi. Pada momen ini, kita diingatkan kembali akan pentingnya persatuan, keadilan, dan semangat gotong royong yang terkandung dalam Pancasila. Saya berharap, semua anggota Polres Lampung Timur dapat menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam menjalankan tugas sehari-hari,” ujarnya.

Dalam upacara tersebut, Kapolres membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh peserta upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya Pancasila di Indonesia serta dibacakan juga Undang-Undang Dasar 1945 dan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diadakan sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa dan sebagai wujud penguatan komitmen dalam menjaga kesatuan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, Kapolres juga berharap peringatan ini dapat memotivasi seluruh personel kepolisian dan ASN untuk semakin bersemangat dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip Pancasila.

“Saya berharap peringatan ini dapat memotivasi seluruh personel kepolisian dan ASN untuk semakin bersemangat dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip Pancasila,” ucap Alumni Akademi Kepolisian Tahun 2003 tersebut.

Upacara ditutup dengan semangat kebersamaan dan disiplin, mencerminkan sikap profesionalitas yang harus dijaga dalam menjalankan tugas kepolisian.

Share this post