Ingin Wajah Glowing dan Sehat? Ini 4 Ritual Simpel di Pagi Harinya

25/08/2023 08:10:00 WIB 1.016

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      Jakarta. Menjaga kesehatan kulit wajah tak cukup dengan rajin menggunakan skincare setiap malam. Nyatanya, ada kebiasaan sehari-hari yang punya pengaruh besar terhadap kondisi kulit wajah. Di antaranya, berkenaan dengan kebiasaan setiap pagi setelah bangun tidur.

Jelas, penggunaan skincare yang sesuai dengan jenis penting untuk mencegah jerawat, kulit kering, atau pun kemerahan pada kulit wajah. Namun di samping itu, gaya hidup dan asupan makanan juga tak boleh dilupakan sebagai rangkaian upaya menjaga kesehatan kulit wajah.

Dilansir dari berbagai sumber pada, Selasa (22/8/23). Berikut empat langkah yang ternyata penting untuk dilakukan pagi hari agar kulit wajah glowing:

1. Cuci Muka dengan Air Dingin

Langkah ini mungkin merupakan rangkaian pagi hari paling simpel untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Apabila tak ada rencana bepergian seharian, cobalah biasakan untuk tetap menjaga kulit wajah tetap bersih. Sebab dengan mencuci wajah, minyak berlebih yang menumpuk di kulit sepanjang malam bisa terempaskan.

2. Kurangi Asupan Kopi Manis

Bagi banyak orang, secangkir kopi sudah menjadi teman setia untuk memulai hari. Bahkan tanpa asupan kopi pagi hari, produktivitas sepanjang hari bak tersendat.

Namun yang perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis rupanya bisa berdampak terhadap kesehatan kulit wajah. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin di Erha Clinic Depok, dr. Irwan Junawanto, SpKK., asupan manis-manis bisa memicu pertumbuhan jerawat.

"Banyak sekali kita lihat jajanan-jajanan yang menyediakan makanan atau minuman yang manis, kemudian juga minuman kekinian dengan gula yang cukup tinggi itu juga kadang kala memperburuk kondisi jerawat pada pasien. Jadi kulit menjadi lebih kusam," terang dr. Irwan.

3. Minum Air Putih

Langkah sesimpel minum air putih di pagi hari rupanya punya efek dahsyat terhadap kondisi kulit wajah. Dikutip dari Healthline, minum air diyakini efektif meningkatkan kesehatan kulit.

Pasalnya, kulit mengandung sekitar 30 persen air. Dengan rajin meminum air putih di pagi hari dapat membuat kelembaban kulit wajah terjaga, risiko kulit kering dan tumbuh jerawat pun dapat diminimalkan.

4. Olahraga Tipis-tipis

Dokter kecantikan dari Ambrosia Klinik dan Estetik, dr. Hilaschya Sagotra menjelaskan, olahraga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, yang nantinya berfungsi menjaga kualitas kulit.

Manfaat olahraga untuk kulit itu kan supaya bisa meningkatkan produksi kolagen dari tubuh," jelas dr. Laschya.

"Ketika kolagen kita meningkat otomatis itu akan berperan dalam menjaga elastisitas kulit, membuat kulit menjadi tetap lembap, dan mempertahankan kekencangan kulit. Yang harus dipastikan adalah ketika kita olahraga jangan lupa sunscreen-nya," jelasnya

Share this post