Jangan Terpesona Bau Wanginya, Inilah Tips Memilih Durian Biar Gak Ketipu

28/01/2024 11:33:00 WIB 1.240

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.    WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Berbarengan dengan musim hujan di Indonesia, ikut serta juga musim durian yang tengah berlangsung.

Dan tidak heran jika Anda kerap menjumpai penjual durian di berbagai tempat. Bahkan banyak pula penjual durian yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan.

Meskipun begitu, sebaiknya para pecinta buah durian tidak asal dalam memilih durian untuk dikonsumsi. Sebab, jika asal pilih Anda bisa kecewa jika mendapatkan durian yang belum matang ataupun hambar rasanya.

Berikut beberapa tips dalam memilih buah durian yang matang dan manis, seperti yang diunggah dalam akun @putriayusholekhah, dikutip MNC Portal Indonesia.

Jika Anda perhatikan ketika berada di penjual durian, pasti ada beberapa bentuk durian. Sebaiknya Anda memilih bentuk durian yang bulat, sebab durian yang bulan isinya lebih banyak dibandingkan yang berbentuk lonjong.

Lebih ringan, lebih banyak isinya

Pilihlah beberapa buah yang bentuknya bulat. Setelah itu coba diangkat dan dibandingkan, buah mana yang lebih ringan. Pilih buah durian yang lebih ringan karena ini pertanda kalau durian tersebut sudah matang dan banyak isinya. Jika Anda pilih yang berat, biasanya lebih besar biji duriannya dibandingkan dagingnya.

Tak hanya bentuk, tangkai buah durian juga perlu diperhatikan lho. Bila Anda menemukan durian dengan tangkai yang tebal dan pendek, ini menjadi pertanda kalau daging buahnya tebal dan banyak. Akan tetapi hindari tangkai durian yang kering dan kusut, ini tandanya durian tersebut sudah lama dan kurang fresh.

Jangan sampai Anda hanya tergoda dengan durian berbentuk lonjong yang kesannya sangat besar tapi tidak memperhatikan duri-durinya. Duri dari buah durian ini memiliki arti lho. Ambillah durian yang durinya pendek, besar-besar, dan jarang-jarang, ini adalah pertanda kalau durian tersebut isinya manis dan bagus.

Berbunyi jika digoyangkan

Anda juga bisa goyang-goyangkan buah durian sebelum dibeli. Apabila terdapat sebuah bunyi ketika digoyangkan, ini tandanya durian tersebut sudah matang sempurna dan padat dagingnya. Selain itu durian yang berbunyi jika digoyangkan juga memiliki tekstur daging yang kering tapi tetap legit saat dinikmati.

Sumber : iNewsWayKanan.id

Share this post