https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Jarang Diperhatikan, Ini Sederet Khasiat Jus Cranberry yang Baik bagi Tubuh
17/04/2024 20:20:00 Views : 1479

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. - Jakarta. Anda mungkin pernah mendengar manfaat jus cranberry untuk infeksi saluran kemih (ISK). Ini memang salah satu khasiat cranberry yang populer. Namun, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat lain dari mengonsumsi buah beri ini.

Jus cranberry murni merupakan sumber vitamin C dan vitamin E yang baik. Di dalam buah berwarna merah ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, asam folat, kalsium, magnesium, mangan, kalium, dan tembaga dalam jumlah kecil.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (16/4/24), berikut sederet khasiat jus cranberry sebagai antioksidan dan antibakteri bagi tubuh, antara lain:

1. Membuat vagina lebih wangi dan sehat

Sebenarnya belum ada penelitian yang secara langsung menyatakan jika minum jus cranberry bisa membuat vagina wangi. Namun, nutrisi pada jus cranberry diketahui dapat membunuh bakteri penyebab infeksi vagina, seperti vaginosis bakterialis, yang bisa membuat vagina berbau amis.

Selain itu, minum jus cranberry juga dapat menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus yang akhirnya mencegah bakteri jahat pindah ke vagina. Nah, inilah mengapa jus cranberry dianggap bisa membuat aroma vagina lebih segar dan terjaga kesehatannya

2. Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

Konsumsi jus cranberry bisa mencegah ISK. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa senyawa kimia proanthocyanidins pada jus cranberry bisa mencegah pertumbuhan bakteri E. coli pada kandung kemih yang menyebabkan ISK.

Tak heran bila jus cranberry dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang berisiko menderita ISK, seperti wanita hamil, lansia, maupun orang yang menggunakan kateter. Namun, meski diketahui dapat mencegah ISK, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jus cranberry bisa mengobati ISK.

3. Mencegah pilek dan flu

Manfaat jus cranberry selanjutnya adalah mencegah pilek dan flu. Manfaat ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C berperan dalam mengaktifkan sel-sel imun tubuh sehingga tubuh kuat melawan penyakit penyebab infeksi, termasuk pilek dan flu.

Tak hanya itu, minum jus cranberry secara rutin juga dapat melindungi tubuh dari efek samping radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Senyawa proanthocyanidins berperan sebagai antibakteri dan antioksidan yang dapat membasmi bakteri H. pylori. Bakteri ini dapat merusak dinding lambung dan menyebabkan gastritis, tukak lambung, bahkan kanker lambung.

Jus cranberry juga mengandung polifenol yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik di usus. Dengan begitu, kesehatan usus tetap terjaga.

5. Mencegah penuaan dini

Salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda adalah rutin minum jus cranberry. Kandungan vitamin C pada jus ini berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dapat menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Tak hanya itu, antioksidan pada jus cranberry juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan bintik hitam.

6. Menjaga kesehatan jantung

Minum jus cranberry dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menjaga tekanan darah dan kadar trigliserida tetap normal sehingga kesehatan organ jantung tetap terjaga.

Cranberry juga mengandung fitonutrien yang mampu mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis yang bisa memicu penyakit jantung.

7. Meredakan gejala rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah peradangan pada sendi yang ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan di sendi maupun jaringan di sekitarnya. Salah satu cara untuk meringankan gejala penyakit ini adalah dengan minum jus cranberry secara rutin.

Sebuah penelitian menyebutkan jika senyawa antioksidan dan antiradang dalam buat cranberry mampu meredakan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

Beragam manfaat jus cranberry sangat sayang untuk dilewatkan. Meski begitu, sebagian manfaat di atas masih perlu ditinjau lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya

Sumber :
https://Tribratanews.polri.go.id


-->