Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga Lampung Senilai Rp846 M

26/08/2024 09:40:00 WIB 1.356

tribratanews.lampung.polri.go.id. JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada Senin (26/8/2024). 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung," kata Jokowi saat meresmikan bendungan, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Bendungan Margatiga adalah bendungan ke-44 yang diresmikan di masa kepemimpinan Jokowi. Pembangunan bendungan ini menelan anggaran Rp 846 miliar.

Kepala Negara menuturkan, Bendungan Margatiga dibangun sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada tahun 2017.

Bendungan memiliki luas genangan 2.313 hektare dan memiliki daya tampung 42 juta meter kubik air.

"Dan Alhamdulillah pada hari ini sudah selesai dan bisa difungsikan Bendungan Margatiga," ujar Jokowi. Mantan wali kota Solo ini berharap, besarnya daya tampung mampu membuat bendungan berguna dan berfungsi untuk warga sekitar, baik untuk irigasi, untuk air baku, untuk listrik, maupun mereduksi banjir di sekitar bendungan.

Keberadaan bendungan pun diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani di sektiar bendungan tersebut. Terlebih kata dia, sumber daya air akan menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan ke depan. "Oleh sebab itu manajemen pengelolaan air di mana pun di semua provinsi sekarang ini akan jadi fokus pemerintah. Yang pertama untuk air baku kehidupan kita. Kedua, juga untuk irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki. Ketiga, juga untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir," ujar Jokowi.

Sumber kompas.com

Share this post