Jokowi Respons Gelombang Demo RUU Pilkada: Itu Aspirasi dari Rakyat

25/08/2024 11:20:00 WIB 1.365

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons aksi demo darurat Indonesia yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat terkait penolakan pengesahan RUU Pilkada yang berlangsung sejak Kamis (22/8).
Jokowi menilai aksi sebagai bentuk penyampaian aspirasi rakyat.

"Baik, itu penyampaian aspirasi dari rakyat, sangat baik," kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Kongres ke-VI dan HUT PAN ke-26 di Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi demo penolakan RUU Pilkada di berbagai daerah sejak Kamis (22/8) hingga Jumat (23/8).

Demonstrasi kali ini merupakan bagian dari gerakan 'Darurat Indonesia' sebagai respons masyarakat sipil buntut DPR mengabaikan putusan MK.

Muasalnya, pada Selasa (20/8), MK mengetok palu untuk dua gugatan terkait Pilkada 2024, yaitu gugatan dengan perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 dan nomor 70/PUU-XXII/2024.

Pada putusan No 70, MK mengubah syarat usia minimal 30 untuk cagub dan cawagub menjadi terhitung sejak penetapan. Ketentuan ini berbeda dengan putusan MA yang menginginkan aturan tersebut dihitung sejak pelantikan.

Namun, Baleg secara tiba-tiba langsung merevisi UU Pilkada. Revisi UU Pilkada juga dilakukan sehari setelah MK.

Hal ini memicu kemarahan dan gelombang protes di sejumlah daerah di Indonesia. Semua elemen masyarakat melakukan aksi demonstrasi menolak RUU PIlkada itu. Setelah diprotes, DPR pun membatalkan pengesahan RUU tersebut.

Sumber CNN INDONESIA

Share this post