Jokowi Waspada Penyebaran Penyakit Mpox Jelang IAF Bali 2024

27/08/2024 14:20:00 WIB 1.360

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas mengenai penanganan penyakit Monkeypox atau Mpox di Indonesia dan penyelenggara Indonesia Africa Forum (IAF) di Bali pada 1-3 September mendatang di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/8/2024). Dalam rapat itu, Jokowi memberikan arahan untuk melakukan upaya preventif dari delegasi yang berasal dari Afrika.

Saat membuka rapat, Jokowi mengatakan pada acara IAF diperkirakan ada 1.500 peserta yang hadir yang berasal dari 51 negara dan 22 negara di antaranya berasal dari kawasan Afrika.

Ia juga meminta para jajaran menterinya untuk meningkatkan kewaspadaan dari terkait penyebaran wabah Mpox ini, melihat ada peningkatan kasus dari negara Kongo yang berada di benua Afrika.

"Karena yang saya baca kasus Mpox ini sangat meningkat di Kongo, dan juga ada penetapan Mpox kedua kalinya sebagai public health emergency of international concern dari WHO, katanya.

Untuk itu, Jokowi juga berpesan melakukan upaya pencegahan pencegahan penyebaran virus Monkeypox khususnya pada delegasi yang berasal dari negara-negara di Afrika.

"Saya minta betul-betul ada upaya preventif khususnya bagi para delegasi yang berasal dari Afrika," katanya.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait lainnya untuk melakukan pengawasan ketat di bandara di Bali, juga pintu kedatangan internasional lainnya.

"Langkah langkah pencegahan yang diperlukan karena pengalaman Covid-19 yang lalu bisa kita lakukan sehingga saya minta segera protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini," kata

Sumber NCBC INDONESIA

Share this post