Kapolres Pesawaran Pimpin Apel Siaga Bencana

27/12/2021 21:27:16 WIB 63

Polres Pesawaran -Dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kabupaten Pesawaran, Kapolres AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik, M.H, langsung memimpin apel siaga bencana dan gelar kendaraan siaga bencana, diikuti tim gabungan TNI-Polri, BPBD, Basarnas, Damkar, Dishub, Satpol PP, Pramuka, Tagana, OPD, PMI dan Brigif 4 Marinir/BS, Senin (27/12/2021).

 

Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, S.Ik, M.H menyampaikan, apel siaga ini merupakan suatu moment penting dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Hal ini mengingat bahwa Wilayah Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

 

” Dimana secara geografis terdiri dari daerah pesisir pulau dan pantai, daerah pegunungan, daerah hutan, dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak,” ucap Kapolres Pesawaran, saat membacakan sambutan Bupati setempat.

 

Sambung Kapolres, yang kesemuanya ini dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana di Kabupaten Pesawaran. Adanya berbagai potensi ancaman, kerentanan, dan kapasitas masyarakat terhadap bencana.

 

” Maka apel siaga bencana ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita semua dalam rangka mengantisipasi bencana, baik secara personil maupun ketersediaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang ada,” jelasnya.

 

Hal ini lanjut Kapolres, dikarenakan tanggungjawab penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya terletak pada pemerintah. Tapi juga merupakan tanggungjawab masyarakat dan semua sektor termasuk dunia usaha.

 

” Paradigma Penanggulangan Bencana saat ini harus mengedepankan upaya preventif atau Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari pada upaya persepektif responsive atau penanganan darurat,” ujar Vero.

 

Lebih dari itu, Kapolres menambahkan, hal ini sesuai dengan tema Apel Siaga Bencana Kita Pada Tahun 2021 ini yaitu “Siaga Bencana dimulai Dari Diri Kita, Keluarga dan Komunitas”, dengan Hastag #SIAPUNTUKSELAMAT,”.

” Kegiatan Apel Siaga Bencana bertujuan untuk menyiapkan kesiap siagaan pasukan serta pengecekan Kendaraan ataupun fasilitas yang di gunakan dalam menghadapi Bencana alam,” pungkasnya

in

Share this post