Kapolres Pringsewu Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Purna Yuda Bhakti

17/08/2024 08:20:00 WIB 1.356

tribratanews.lampung.polri.go.id. Pringsewu – Kapolres Pringsewu, AKBP M. Yunnus Saputra, S.I.K., M.Sc.IT., memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purna Yuda Bhakti, Keputran, Sukoharjo, Pringsewu, pada Jumat (16/8/2024) malam.

Acara ini dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pringsewu, termasuk Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Dr. Marindo Kurniawan, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, S.E., Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pringsewu Raden Wisnu Bagus Wicaksono, Perwira Penghubung Kodim 0424 Mayor Sarwan Iranu, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci kali ini dilaksanakan dengan khidmat oleh peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah setempat serta TNI/Polri. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, sekaligus untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah berjasa bagi nusa dan bangsa.

Prosesi apel diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor, pembacaan teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh pimpinan apel, mengheningkan cipta, pembacaan doa untuk para arwah pahlawan, dan diakhiri dengan penghormatan terakhir.

Usai apel dan prosesi tabur bunga, AKBP M. Yunnus Saputra menyampaikan bahwa kegiatan Renungan Suci ini sangat penting sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan, serta sebagai pengingat akan nilai-nilai perjuangan yang harus diwariskan kepada generasi penerus.

"Dengan Renungan Suci ini, kita diajak untuk tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan kita. Semangat mereka harus tetap kita jaga dan teruskan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun Pringsewu yang lebih maju dan sejahtera," ujarnya.

Yunnus juga berharap, di momen Hari Kemerdekaan ini, masyarakat dapat terus mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi keberlangsungan bangsa Indonesia. Ia menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. (*)

Share this post