Kapolri Akan Bawa Amanah Presiden soal Pemberantasan TPPO di AMMTC Ke-17

20/08/2023 10:13:00 WIB 1.632

https://tribratanews.lampung.polri.go.id.      Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan membawa amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17, yang akan digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Amanah yang dimaksud adalah pembahasan isu kerja sama dalam memerangi kejahatan perdagangan orang.
"Kita harapkan nanti ada keputusan yang bisa kita kerja samakan terkait dengan pemberantasan transnational crime di mana beberapa waktu yang lalu Pak Presiden menyampaikan masalah TPPO (tindak pidana perdagangan orang)," ujar Sigit di Labuan Bajo, Sabtu (19/8/2023).

Dia mengungkapkan Polri telah menindaklanjuti arahan Presiden dengan menindak para pelaku TPPO. Polri juga sekaligus memberi jaminan keamanan bagi para korban.

Dia mengungkapkan, melalui Satgas TPPO, telah ada ratusan pelaku yang ditindak. Dia mengatakan pemberantasan TPPO terus dilakukan.

"Dan itu sudah kita tindak lanjuti dengan melakukan berbagai macam kegiatan penegakan hukum dan sampai hari ini terus berlangsung yang sampai hari ini sudah berjumlah hampir 900 tersangka yang kita amankan," ujar dia.

Dia mengatakan dalam AMMTC ke-17 ini akan melanjutkan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar beberapa waktu lalu. Sigit mengatakan Pori akan memanfaatkan kegiatan ini untuk mencapai kesepakatan bersama dengan menteri-menteri atau kepala kepolisian di ASEAN.

"Di AMMTC ini Polri juga mendapatkan keketuaan yang sama dan ini 10 tahun sekali untuk mendapatkan keketuaan. Tentunya ini betul-betul akan kita manfaatkan untuk melaksanakan kerja sama dengan negara ataupun kepolisian-kepolisian yang ada di ASEAN," ungkapnya.

Dia berharap keputusan bersama tersebut menjadi catatan sejarah dalam penanganan kejahatan transnasional antarnegara ASEAN.

"Saya kira di kerja sama yang akan kita rumuskan nanti, tentunya akan menjadi deklarasi yang bersejarah, khususnya karena kita buat di Labuan Bajo, salah satu tempat yang saat ini menjadi wisata superprioritas dan tentunya akan kita angkat terus, jadi mudah-mudahan seluruh rangkaian bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

Share this post