Kunjungan Hari Kedua, Wakapolri Cek Pos Penempatan Personil BKO di Labuan Bajow

29/04/2023 12:44:00 WIB 629

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Tribratanews.polri.go.id - Labuan Bajo. Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono melakukan pengecekan ke pos penempatan personel bantuan kekuatan operasi (BKO) dari anggota Polda NTT dan Mabes Polri di hari kedua kunjungannya di Labuan Bajo.

Pengecekan itu dilakukan di tiga lokasi yakni Hotel Plago Labuan Bajo, Aula Paroki Wae Kesambi dan Balai Latihan Kerja milik Pemerintah Daerah Manggarai Barat.

Komjen Pol. Gatot Eddy ditemani oleh Irwasum Polri Komjen Pol. Ahmad Dofiri, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Mohammad Fadil Imran, Dankor Brimob Polri Komjen. Pol. Anang Revandoko, dan Kapolda NTT Irjen Pol. Johni Asadoma.

"BKO Polda NTT dan Mabes Polri dilakukan dalam rangka membantu melakukan pengamanan saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit Ke-42 yang dihelat pada 9-11 Mei 2023 mendatang di Labuan Bajo," ujar Komjen Pol. Gatot Eddy, Jumat (28/4/2023).

"Mereka akan kami tempatkan di Hotel Plago Pantai Pede, Aula Paroki Wae Kesambi dan BLK Pemda Manggarai Barat, berarti otomatis kami menyiapkan sarana prasarananya untuk pos tempat tinggalnya, tempat tidurnya maupun sarana MCK-nya. Setelah dicek oleh Bapak Wakapolri, Alhamdulilah tiga tempat ini cukup memadai untuk ditempati," jelas Kapolres Mabar AKBP Ari Satmokoe yang turut mendampingi Komjen Pol
Gatot Eddy.

Personel yang berjumlah sekitar 1.660 orang itu akan tiba di Labuan Bajo pada 2 Mei. "Sengaja tiba pada tanggal begitu karena nanti masih harus latihan bersama lagi sebelum pengamanan pada hari H," AKBP Ari.

Nantinya, akan ada tambahan personel dari Mabes Polri yang membantu, mendukung, dan menjaga keamanan di Labuan Bajo selama KTT ASEAN. AKBP Ari juga mengatakan untuk pengamanan para menteri dan delegasi dari negara anggota ASEAN akan dikawal oleh aparat kepolisian.

"Ini kan pertemuan kepala negara, sehingga yang menjadi leading sector adalah TNI, Polri hanya mendukung saja. Jika ada yang kurang-kurang, namun ada juga pertemuan tingkat menteri-menteri, yang tentunya menjadi tanggung jawab Polri," ujar AKBP Ari.

Terakhir, AKBP Ari mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama sama mendukung pelaksanaan KTT ASEAN agar berjalan kondusif

Share this post