https://tribratanews.lampung.polri.go.id/vendor/bin/
Optimalisasi Siskamling dan peran Bhabinkamtibmas
26/04/2024 18:45:00 Views : 39

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. LAMPUNG-Kepala kepolisian daerah lampung Irjen pol Helmy santika mengajak Masyarakat lampung untuk meningkatkan giat keamanan Lingkungan (siskamling). menurut Helmy, siskamling merupakan ciri bangsa Indonesia yang tidak boleh hilang dalam menjaga lingkungan dan bersilaturahmi. Dan sebagai pemberdayaan masyarakat dalam partisipasi aktif untuk membantu tugas dan fungsi kepolisian.

“hal ini merupakan Upaya cegah dan tangkal tindak kejahatan,.” Ungkap Helmy. Jum’at. (26/04/2024).meskipun dipahami saat ini provinsi Lampung sebagian kotanya merupakan wilayah yang sibuk dengan berbagai aktivitas warganya.
Namun kebiasaan serta budaya untuk berkumpul dan menjaga lingkungan secara Bersama-sama hendaknya tidak hilang.

Helmy santika juga menghimbau setiap RT maupun Lingkungan terdapat poskamling dimasing-masing wilayahnya, hal ini bertujuan agar warga saling bersilaturahmi dan menerapkan konsep community policing.

”menjadi polisi untuk dirinya sendiri, lingkungan maupun kelurga akan lebih baik,..” tambah Helmy, karena jika diterapkan hal tersebut dapat dipastikan kondusifitas akan terjaga.

Sementara itu terkait pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) serta antisipasi gangguan kamtibmas polri sendiri telah menempatkan sejumlah personel di masing-masing kelurahan, desa maupun pekon yang sering di sebut Bhabinkamtibmas. Yang fungsinya secara menyeluruh membantu Masyarakat di wilayah terkecil dalam menjaga kondusifitas.
Bhabinkamtibmas juga harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder di daerah sehingga penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini


-->