Pemerintah Ajak Semua Pihak Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2024

29/08/2024 16:00:00 WIB 1.354

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Kantor Komunikasi Kepresidenan atau Presidential Communication Office mengajak semua pihak menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Kalau kita ingin mencapai Indonesia maju, Indonesia emas maka pesta demokrasi di tingkat lokal yang akan berlangsung persis dua bulan setelah sekarang, tanggal 27 November tahun 2024 nanti, itu juga tidak kalah pentingnya. Jadi itu juga harus disukseskan," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi, Selasa (27/8/24).

Ia menyampaikan tahapan pilkada sudah dimulai dengan tahapan pendaftaran, terhitung sejak hari ini, Selasa (27/8). Bangsa Indonesia akan menyongsong pesta demokrasi yang tidak kalah besar, yang melibatkan lebih dari 500 kabupaten/kota dan 38 provinsi, yang akan menjalankan pemilihan kepala daerah.

"Bagi kita, ini sebuah langkah penting dalam demokratisasi kita, dalam perjalanan demokrasi bangsa kita," tegas Kepala Hasan.

Ia mencermati masih ada beberapa pihak di beberapa daerah yang masih melaksanakan demonstrasi atau unjuk rasa, menyampaikan aspirasi untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi. Namun sejatinya, semua putusan MK sudah difinalkan dan diakomodasi dalam peraturan KPU.

"Pilkada yang tahapan pendaftarannya dimulai hari ini, itu dijalankan dengan mengakomodir seluruh putusan MK. Putusan KPU Nomor 10 tahun 2024 itu memastikan kita melaksanakan pilkada dengan mengakomodir seluruh putusan MK. Jadi itu yang akan berjalan," jelas Kepala Hasan.

Oleh karena itu, kata Kepala Hasan, semua pihak harus memastikan bahwa pesta demokrasi pilkada yang tidak kalah besarnya dengan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, bisa berjalan dengan baik dan sukses.

"Karena memilih pemimpin di tingkat lokal itu tidak kalah pentingnya dengan memilih pemimpin di tingkat nasional. Jadi memastikan memilih pemimpin yang terbaik di tingkat kabupaten/kota, di tingkat provinsi itu tidak kalah pentingnya," ujar Kepala Hasan.

Kantor Komunikasi Kepresidenan juga berpesan kepada semua pihak untuk memusatkan perhatian ke wilayah-wilayah atau daerah-daerah, untuk bisa melihat mana calon pemimpin yang paling tepat untuk memimpin sebuah wilayah.

Menurut Kepala Hasan, hal tersebut penting guna mewujudkan Indonesia maju. "Tidak hanya di level pusat, tapi di level daerah juga kita butuh pemimpin-pemimpin terbaik yang didukung oleh masyarakat," tutup Kepala Hasan.

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post