Pimpin Upacara HUT RI di IKN, Presiden-Ibu Negara Kenakan Baju Adat Kustin

17/08/2024 14:20:00 WIB 1.356

tribratanews.lampung.polri.go.id. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Sebagaimana dilihat dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian baju adat Kustin berwarna hitam dengan ornamen emas khas Kalimantan Timur.

Baju adat Kustin sendiri merupakan warisan Kesultanan Kutai Kertanegara. Baju ini memiliki makna kebesaran. Pada masanya, baju adat Kustin hanya dikenakan oleh raja dan keturunannya.

Prosesi upacara dimulai saat Komandan Upacara Kolonel Inf Nur Wahyudi memasuki lapangan upacara. Sementara Perwira Upacara Brigjen TNI Bayu Permana melapor kepada Jokowi.

"Lapor. Upacara detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 siap dimulai," ujar Brigjen TNI Bayu.

"Laksanakan," jawab Jokowi.

Presiden dan Ibu Negara kemudian berjalan dan menempati kursi yang telah disediakan. Di dekat kursi itu, presiden terpilih Prabowo Subianto telah berdiri menunggu kedatangan Jokowi dan Iriana.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post