Polda Lampung Periksa 9 Saksi Kecelakaan Kereta Babaranjang di Stasiun Rengas

09/11/2022 00:44:00 WIB 258

https://tribratanews.lampung.polri.go.id       Selasa,8 Nopember 2022 
Bandar Lampung, Lampung - Aparat Kepolisian Polda Lampung telah melakukan pemeriksaan terhadap 9 orang saksi dalam kecelakaan yang melibatkan dua kereta api rangkaian panjang (Babaranjang) di Stasiun Rengas pada Senin (7/11/2022) dini hari.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, penyidik Satreskrim Polres Lampung Tengah dan Ditreskrimum Polda Lampung telah melakukan pemeriksaan terhadap 9 orang saksi dalam kecelakaan itu.

"Kami sudah melakukan interogasi awal terhadap 9 orang. Namun dari semua saksi itu, ada saksi kunci yakni masinis dan asisten yang ikut diperiksa," kata Kombes Pandra, saat mengunjungi masinis kereta Babaranjang di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Selasa (8/11/2022)

Dari 9 orang saksi, lanjut Pandra, diantaranya kepala stasiun dan pengatur perjalanan kereta api (PPKA). "Ada kepala stasiun dan pengatur perjalanan kereta api (PPKA) yang kita periksa dalam kecelakaan yang melibatkan dua kereta api Babaranjang itu," ungkapnya.

Menurut Pandra, dari hasil pemeriksaan saksi, penyidik masih melihat apakah ada kelalaian dalam perjalanan kereta api sehingga dua kereta api Babaranjang itu terjadi kecelakaan. "Dimana dalam sarana transportasi yang digunakan ada undang-undangnya. Kita melaksanakan pemeriksaan ini 
berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Namun, dalam hal ini kita akan melihat dalam KUHP di Pasal 359, apakah ada kelalaian," paparnya.

Pandra pun memastikan pemeriksaan dan proses penyelidikan dalam kecelakaan dua kereta api Babaranjang ini akan terus berlanjut. Pihaknya juga berkoordinasi dengan KNKT, Kementerian Perhubungan RI dan KAI dalam melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan ini.

Diketahui, dua kereta api Babaranjang bertabrakan di dekat Stasiun Rengas, Desa Bangun Sari, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah, Lampung, pada Senin (7/11/2022) sekitar pukul 02.25 WIB. Dalam kecelakaan itu, 4 orang terluka hingga dirawat di RS Urip Sumoharjo, Bandar Lampung.

Keempat korban yakni dua masinis dan dua asisten dari masing-masing kereta api yang terlibat kecelakaan. Masing-masing masinis dan asisten yang terluka, dengan luka memar dan luka kecil lainnya.

Akibat kecelakaan dua kereta api Babaranjang ini, aktivitas di semua stasiun kereta api di Lampung lumpuh. Seluruh jadwal keberangkatan atau perjalan kereta api juga dibatalkan pungkas nya

Share this post