Polisi Siagakan 1.597 Personel Jaga Aksi Bela Palestina di Jakpus

09/06/2024 18:40:00 WIB 1.247

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Ribuan personel polisi dikerahkan untuk mengawal demonstrasi Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat. Minggu (9/6) sore ini.

"Dalam rangka pengamanan Aksi Bela Palestina di Patung Kuda, kami melibatkan 1.597 Personel," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/6).

Terkait rekayasa lalu lintas di lokasi demonstrasi, ia mengatakan nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

"Jika ekskalasi meningk, akan kita tutup jalan Merdeka Barat, arus lalu lintas akan kita alihkan," ucapnya.

"Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di Jalan Merdeka Barat agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda," sambung Susatyo. 

Ia juga mengimbau kepada para peserta Aksi Bela Palestina untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya dan tertib untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum.

"Siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi," tegas Susatyo. 

Terhadap ribuan personel yang menjaga aksi, ia juga menegaskan agar untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, dan pelayanan serta humanis. 

"Tidak ada yang membawa senjata api. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus, ikhlas dan humanis," pungkas Susatyo.

Untuk diketahui, demonstrasi yang akan digelar massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina itu direncanakan akan mulai digelar pukul 15.00 WIB. 

Aksi itu dilakukan sehubungan dengan eskalasi kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina yang semakin memprihatinkan belakangan ini.

Sumber JawaPos.com

in

Share this post