Polres Pesawaran Menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2022

31/12/2022 19:42:00 WIB 38

Tribratanews.lampung.polri.go.id - Polda Lampung : Polres Pesawaran - Polda Lampung
Polres Pesawaran Polda Lampung menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2022. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan Informasi kepada Masyarakat Kabupaten Pesawaran tentang kinerja Polres Pesawaran bersama jajarannya selama tahun 2022.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K., M.Si (Han) didampingi Kasat Reskrim AKP Supriyanto Husin, S.H., M.H, Kasatnarkoba Iptu Widodo Prasojo, S.Tr.K., S.I.K, Kasat Lantas AKP Martoyo, S.I.P., M.H, Kasi Humas AKP Darwin, S.H dan Kasi Propam Iptu Yurisman, S.H menyampaikan beberapa Agenda Nasional maupun Agenda Daerah yang sudah dijalankan Polres Pesawaran, salah satunya pelaksanaan Vaksinasi, Pengendalian Covid-19 dan Pengendalian pembagian Minyak Goreng.

Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Pesawaran sepanjang tahun 2022 mengalami kenaikan. Kapolres Pesawaran menyampaikan ada beberapa kasus yang mengalami kenaikan seperti kasus Pencurian hingga kasus Perlindungan anak.

“Ya, untuk gangguan Kamtibmas memang ada peningkatan sebanyak 50 Perkara, dimana pada tahun 2021 lalu ada 232 Perkara, dan tahun 2022 ini naik menjadi 282 Perkara,” ungkap Kapolres Pesawaran, saat melakukan Refleksi situasi Kamtibmas Tahun 2022 di Mako Polres Pesawaran, Sabtu (31/12/22).

Menurutnya, ada beberapa kasus yang mendominasi seperti Pencurian dengan Pemberatan hingga kasus Perlindungan anak.

“Kejahatan Curat cukup mendominasi ada 58 Perkara kemudian kasus Perlindungan anak juga mengalami kenaikan sebanyak 60 Persen, dimana pada tahun 2021 hanya ada 12 Perkara, namun pada tahun 2022 ini naik menjadi 30 Perkara,” ujarnya.

Namun begitu, sambung Pratomo, untuk penyelesaian kasus diwilayah Hukum Polres Pesawaran mengalami kenaikan sebanyak 72 Persen.

“Adapun perkara yang belum diselesaikan karena kasus tersebut membutuhkan waktu yang panjang dalam proses penyelidikannya dan ada pula kasus yang barang bukti dan saksi-saksinya minim,” kata dia.

“Kedepannya, untuk mencegah atas meningkatnya angka Kriminalitas kami akan meningkatkan Preemtif dan Preventif, mulai menggalakkan kembali Siskamling dan meningkatkan peran Bhabinkamtibmas ditengah Masyarakat,” timpalnya.

Kemudian berdasarkan catatan, Kasus Narkoba pada tahun 2021 ada 109 Pekara dan pada tahun 2022 ada 85 Pekara, ini ada penurunan sekitar 19 Pekara dangan barang bukti Sabu 175,16 Gram, Extasi 25 Butir dan Tembakau Gorila 20,4 Gram," Sambungnya.

Sementara itu untuk laka lantas di tahun 2022 mengalami 2 penurunan perkara, dimana angka kecelakaan sebanyak 72 Perkara jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebanyak 74 Perkara, dan juga korban yang meninggal dunia di tahun 2021 sebanyak 35 Orang di tahun 2022 ini hanya 19 Orang.

"Artinya ada 2 penurunan perkara angka laka lantas dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan angka kematian pun ikut menurun," pungkasnya.

Disisi lain, Pratomo juga menerangkan jika jajarannya telah berupaya keras dalam melakukan pengamanan Agenda Nasional maupun Agenda Daerah yang dilakukan diwilayah hukum Polres Pesawaran seperti Operasi Keselamatan, Operasi Antik, Operasi Ketupat, Operasi Sikat dan Operasi Lilin.

“Kami juga bersyukur ada beberapa agenda seperti Vaksinasi, Pengendalian Covid-19 serta Pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan Aman, Lancar dan Sukses, ini semua berkat kerja keras seluruh jajaran Polres Pesawaran bersama dengan Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat tentunya,” tutupnya.

Share this post