Polresta Bandar Lampung Gelar Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Satuan Intelkam

22/05/2024 13:00:00 WIB 1.753

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Bandar Lampung - Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung AKBP Erwin Irawan, S.I.K membuka Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Satuan Intelkam (Intelijen Keamanan) di Aula Patria Tama Mapolres Setempat, Rabu (22/5/2024).

Puluhan personel dari Satuan Intelijen dari Polresta Bandar Lampung dan Polsek jajaran mengikuti kegiatan pelatihan yang merupakan salah satu program dari Bagian Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelatihan dilaksanakan guna meningkatkan peran fungsi intelijen, terutama dalam memberikan masukan kepada pimpinan dalam pengambilan keputusan, seiring situasi kamtibmas dan tindak kriminalitas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam arahannya, Waka Polresta Bandar Lampung  mengungkapkan bahwa dalam mendukung program dan kebijakan Kapolri, perlu adanya peningkatan kemampuan preemtif yang profesional guna menjaga stabilitas keamanan di masing-masing wilayah.

”Polri sudah menyiapkan modul dan kurikulum yang telah disusun secara simultan untuk mendukung peningkatan kemampuan anggota Kepolisian, khususnya di bidang intelejen” kata Waka Polresta Bandar Lampung AKBP Erwin Irawan.

Dalam pelatihan fungsi teknis intelijen telah disusun beberapa materi antara lain, teknis dasar Intelijen, produk Intelijen, pengamanan Intelijen, penggalangan Intelijen, administrasi Intelijen, dan pelayanan masyarakat.

“Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan menanyakan kepada narasumber atau tutor terkait materi yang mungkin masih belum jelas. Seluruh peserta diharapkan memiliki kemampuan yang lebih dari pada sebelumnya,” ujar AKBP Erwin.

Ia berharap dengan diselenggarakannya pelatihan tersebut dapat meningkatkan peran fungsi Intelijen, dimana Intelejen merupakan salah satu bagian yang menjadi ujung tombak dalam institusi terutama pada Kepolisian, karena setiap Intelejen diharapkan memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan.

Hadir dalam kegiatan ini Kabag SDM Polresta Bandar Lampung Kompol Sukamso didampingi Kasat Intelkam Polresta Bandar Lampung Kompol Edi Kurniawan.(*)

Share this post