Sambut Pilkada 2024, Polda Lampung Siapkan 1.008 Personel Power On Hand Kapolda

19/07/2024 18:10:00 WIB 1.460

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Bandar Lampung - Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 pada November mendatang, Polda Lampung menyiapkan 1.008 personel sebagai Power On Hand (POH) Kapolda Lampung.

Kesiapan ribuan ribuan pasukan POH Kapolda ini ditandai dengan pelaksanaan Apel Pengecekan Personel dan Sarana Prasarana Pengamanan Pilkada 2024 di Provinsi Lampung, Jumat (19/7/2024).

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan, Power On Hand terlibat apel pagi ini merupakan personel yang siap digerakkan 1 kali 24 jam dalam menanggulangi bencana dan gangguan Kamtibmas berintensitas tinggi.

"Konsep Power On Hand ini memastikan, Polda Lampung memiliki sumber daya yang memadai dalam menjalankan tugas-tugas mendukung, menjaga situasi Kamtibmas," ucapnya saat menyampaikan amanat dalam apel.

Lanjut Helmy, para personel tersebut akan menjaga situs dan kondisi Kamtibmas Pilkada di Lampung melalui responsibilitas keamanan, penanganan krisis, hingga operasi kepolisian dan tempat pengendalian pasar.

"Dalam hal ini, tentunya kami bekerjasama dengan instansi lainnya dengan mengedepankan kegiatan preentif dan preventif melalui Kegiatan Kepolisian Yang Tingkatkan," ucapnya.

Helmy turut mengingatkan, momentum Pilkada 2024 memiliki kompleksitas tinggi. Pasalnya, ajang pesta demokrasi ini diselenggarakan serentak di seluruh provinsi Indonesia.

Termasuk di Lampung, memiliki cakupan wilayah secara geografis cukup luas, sehingga masing-masing kepolisian daerah dituntut mampu mengamankan wilayah hukumnya masing-masing.

"Sebagaimana diamanatkan bapak Presiden kepada Polri, yang dituntut untuk mendukung dan menyukseskan Pilkada 2024 dengan menjaga netralitas, stabilitas dan demokrasi hingga terwujudnya Pilkada jujur, bersih, serta adil. Ini adalah agenda besar Polri," ucapnya.

Sebagai insan Bhayangkara, Helmy mengingatkan, tidak kalah penting untuk terus meningkatkan  keimanan dan ketakwaan kepasa Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan tulus, serius, dan foku.

"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi kita semua dalam menjalankan tugas-tugas kita, sehingga apa yang menjadi harapan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Provinsi Lampung bisa berjalan aman tertib dan lancar," tandas Kapolda.

Share this post