Satpolairud Polres Tanggamus Hadiri Launcing Gardu Kasir di Pematang Sawa

05/09/2024 09:00:00 WIB 137

tribratanews.lampung.polri.go.id Tanggamus -  Satpolairud Polres Tanggamus menghadiri peresmian Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir (Gardu Kasir) yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus.

Acara yang berlangsung di Pekon Waynipah, Kecamatan Pematangsawa ini juga disertai dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana kepada para nelayan setempat, Rabu 4 September 2024.

Kasat Polairud Polres Tanggamus, Iptu Zulakrnain, menyatakan dukungan penuh terhadap program Program Gardu Kasir ini sebagai langkah nyata dalam pembangunan pesisir Tanggamus dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Ini adalah upaya penting dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut serta meningkatkan hasil tangkapan para nelayan," kata Iptu Zulkarnain mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda, S.I.K.

Dalam kesempatan itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus memberikan berbagai bantuan, termasuk kapal fiber lengkap dengan mesin, alat tangkap seperti jaring, gillnet, pancing untang, serta mesin ketinting. Bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas nelayan.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanggamus, Darma Setiawan, mengungkapkan bahwa program Gardu Kasir ini bertujuan untuk menyatukan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun wilayah pesisir yang lebih baik.

"Kami berharap dengan adanya Gardu Kasir ini, para nelayan bisa lebih semangat dalam mencari nafkah di laut, sehingga hasil perikanan tangkap dapat meningkat, yang secara otomatis akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat pesisir," jelas Darma Setiawan.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga kelestarian laut dengan menangkap ikan secara bertanggung jawab.

"Kami berharap nelayan yang menerima bantuan ini menjadi pelopor keberlanjutan dalam penangkapan ikan, dengan tidak menggunakan alat tangkap yang dilarang, seperti bom ikan, dan menjaga kebersihan laut dari sampah plastik dan lainnya," tambahnya.

Acara ini dihadiri Pj Sekda Kabupaten Tanggamus Suaidi, dihadiri Dirjen Tangkap Kelautan Parlindunan Tampubolon, serta Kadis Kelautan dan Perikanan Tanggamus, Darma Setiawan.

Selain itu, turut hadir para kepala OPD, camat yang memiliki wilayah pesisir, TNI, Kapolsek Pematang Sawa Ipda Ahmad Rais dan kepala pekon di Kecamatan Pematangsawa serta HNSI Tanggamus. (*)

Share this post