Tak Banyak yang Tahu, Kenali Manfaat Daging Kornet Ini

01/09/2024 20:30:00 WIB 140

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Daging kornet merupakan sumber protein hewani yang sering menjadi makanan andalan. Bagian daging yang umumnya diolah sebagai kornet adalah bagian bawah dada sapi atau daging brisket.

Untuk mengoptimalkan manfaat daging kornet, Anda perlu mengolah dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Tak hanya itu, penting bagi Anda untuk menentukan takaran daging kornet yang dikonsumsi agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal.

Manfaat daging kornet tentu didapat dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B12, dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut diketahui bermanfaat untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (28/8/24), berikut sederet manfaat daging kornet bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Membantu membangun massa otot

Daging kornet merupakan sumber protein hewani yang tinggi. Protein memiliki peran yang penting bagi tubuh dan bermanfaat untuk menaikkan massa otot. Hal ini dimungkinkan karena protein yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi asam amino.

Protein yang sudah dipecah inilah yang berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot.

2. Mendukung kesehatan sistem saraf

Berkat kandungan vitamin B12 di dalamnya, daging kornet dapat bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem saraf. Vitamin B12 merupakan vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga Anda harus memenuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi makanan, termasuk daging kornet.

Tak hanya itu, vitamin B12 pada daging kornet juga dapat mendukung produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit anemia.

3. Mengatasi anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Kondisi ini mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, daging kornet dapat membantu untuk mengatasi kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia.

4. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Tak hanya mengandung zat besi, daging kornet juga mengandung selenium. Mineral ini berperan penting dalam melindungi tiroid dari kerusakan oksidatif dan juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid.

Kehadiran selenium juga dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan kelenjar tiroid akibat proses autoimun dan hipotiroidisme. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa pemberian suplemen selenium bermanfaat untuk mengurangi gejala gangguan tiroid karena autoimun.

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post