Tekan Pelanggaran, Satlantas Polres Lampung Tengah Terus Edukasi Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

16/07/2024 12:20:00 WIB 60

Untuk menekan pelanggaran dan kecalakaan lalulintas dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2024, Satlantas Polres Lampung Tengah, Polda Lampung terus melakukan edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera, tepatnya di depan Plaza Bandar Jaya Kec. Terbanggi Besar, Lampung Tengah dan sekitarnya. Selasa (16/7/24) pagi.

Kegiatan tersebut meliputi pembagian pamflet berisi tata tertib berkendara sebagai edukasi kepada masyarakat untuk lebih disiplin berlalu lintas, guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

Mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, Kasat Lantas Iptu Wahyu Dwi Kristanto, S.H., M,H mengatakan bahwa Ops Patuh Krakatau 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 s/d 28 Juli 2024 ini, bertujuan untuk mengurangi jumlah pelanggaran, menurunkan angka kecelakaan lalulintas, meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta terbangunnya budaya tertib berlalulintas khususnya di kalangan generasi Millenial.

Setiap pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran, sambung Iptu Wahyu, mereka akan di berikan teguran secara simpatik untuk tidak lagi melakukan pelanggaran, karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

Selain itu, pihaknya juga turut memberikan imbauan kepada para sopir truck, apabila dalam mengangkut muatan agar tidak melebihi kapasitas dan tidak boleh melebihi panjang maupun tinggi kendaraan itu sendiri.

“Karena, hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan konsentrasi pandangan bagi sopir kendaraan itu sendiri maupun pengguna jalan lainnya, sehingga dapat menyebabkan fatalnya laka lantas di jalan raya,” ungkapnya.

Kasat lantas berharap, pelaksanaan operasi keselamatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan selalu mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan.

"Kami berharap, melalui Operasi Patuh 2024 ini, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas akan meningkat, sehingga dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib, khususnya diwilkum Polres Lampung Tengah," demikian pungkasnya. 

Share this post