Tinjau Pengamanan KTT IAF di Bali, Kapolri Tekankan Kelancaran dan Keamanan

01/09/2024 13:40:00 WIB 156

tribratanews.lampung.polri.go.id. PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali. Kedatangannya untuk memastikan pengamanan kegiatan maksimal.

"Terkait dengan KTT Indonesia Afrika Forum, seperti yang kita lihat bahwa memang struktur organisasinya sendiri, khususnya keamanan Bapak Panglima TNI sebagai ketua dan saya sebagai wakil," ungkap Sigit kepada wartawan, Sabtu (31/8/2024).

"Kemudian tentunya ada pembagian ring terkait dengan pengamanan meliputi VVIP dan VIP dan delegasi, tentunya untuk pengamanan VVIP dilaksanakan oleh Paspampres dalam hal ini bapak Panglima TNI. Sementara Polri terlibat paling banyak di ring 3," sambungnya.

Menurut Sigit, ada sejumlah hal yang menjadi perhatian terkait kelancaran hingga keamanan saat event berlangsung. Dia berharap dengan pengamanan maksimal semua kegiatan dalam KTT IAF bisa berjalan dengan lancar.

"Beberapa hal yang tentunya menjadi atensi kita adalah kaitan kelancaran saat kedatangan, kemudian keamanan di akomodasi," ujarnya.

"Dan juga bagaimana pada pelaksanaan kegiatan baik di gala dinner yang akan dilaksanakan besok malam dan kegiatan meeting yang akan dilaksanakan di hotel dan ada beberapa bilateral meeting semuanya bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga menyinggung terkait antisipasi masuknya Mpox atau cacar monyet. Menurut Sigit, Polri telah menyiapkan delapan satuan tugas (satgas) untuk membantu pencegahan.

"Khusus Polri ada delapan satgas mulai dari preventif sampai bantuan operasi termasuk juga mengantisipasi isu terkini kaitannya dengan Mpox ya. Sehingga dari awal kedatangan di bandara sudah disiapkan satgas untuk memonitor dengan menggunakan termal," terangnya.

"Saat ditemukan ada indikasi kesehatan yang kurang bagus, maka segera diamankan dan dibawa ke ICU dan dilakukan pemeriksaan. Apabila ditemukan akan dibawa ke rumah sakit yang sudah menjadi rujukan," tambahnya.

Sumber PMJ NEWS 

Share this post