Tips Bugar Saat Ramadhan ala Anggota Polri

09/03/2024 15:20:00 WIB 1.057

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. LAMPUNG -- Menjalani puasa Ramadhan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, termasuk anggota Polri.

Profesi ini menuntut kebugaran fisik yang mumpuni dengan melihat mobilitas yang tinggi dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Berbagai kegiatan perpolisian menuntuk untuk aktif di lapangan meskipun cuaca terik. Peran Polri untuk menjamin kelancaran dan keamanan aktivitas tersebut wajib untuk dilaksanakan.

Tribratanews Polda Lampung membagikan beberapa tips agar bisa tetap bugar selama berpuasa nanti yang dilansir dari beberapa sumber.

Pertama, perbanyak makanan berserat saat sahur seperti sayuran. Selain sayur, makanan kaya serat juga terdapat pada gandum utuh, beras merah dan kacang-kacangan.

Lalu tambah asupan protein dari ikan, ayam, telur atau tahu juga lama dicerna oleh tubuh yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. L

Kekurangan konsumsi protein ini bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu sehingga ibadah puasa menjadi tidak maksimal.

Perhatikan kandungan lemak pada makanan. Lemak sebenarnya diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup.

Lemak juga berperan penting menyediakan cadangan energi. Lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa dan buah berlemak seperti alpukat.

Kemudian batasi konsumsi garam yang akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi. Saat dehidrasi, Anda akan merasa sangat haus sehingga ibadah puasa seakan berlangsung sangat lama.

Selanjutnya minum air sedikitnya empat gelas air putih ketika sahur agar metabolisme pencernaan berfungsi dengan baik, meskipun pola makan jadi berbeda karena puasa.

Terakhir, pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan sehat, lari-lari kecil atau bersepeda keliling kompleks rumah setelah sahur atau seusai tarawih.

Share this post