Wapres K.H. Ma’ruf Amin Meresmikan Gedung Kampus Akademisi Televisi Indonesia (ATVI)

30/08/2024 13:20:00 WIB 1.362

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta, wapresri.go.id — Siang ini, Kamis (29/08/2024), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri acara Peresmian Gedung Kampus Akademisi Televisi Indonesia (ATVI), Institut Media Digital EMTEK (IMDE) yang berlangsung di Halaman Gedung Kampus ATVI, Jl. Damai No. 11, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pada kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan bahwa pendidikan menjadi salah satu sektor yang sangat penting untuk dipersiapkan demi membangun masa depan yang cerah nan cemerlang. Sebab, pendidikan yang berkualitas mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan berdaya saing tinggi.

“Oleh karena itu, sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas penting di tengah persaingan dunia saat ini,” ujarnya.

Selain sistem pendidikan yang tepat, fasilitas pendukung juga menjadi penyokong berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Untuk menjalankan pendidikan dengan maksimal, dalam sambutannya Wapres menyampaikan pesan strategis, diantaranya soal pengembangan riset dan inovasi melalui optimalisasi pemanfaatan fasilitas pendidikan.

“Pertama, optimalkan gedung baru ini sebagai pusat pengembangan riset dan inovasi di industri media dan penyiaran yang lebih maju dan luas lagi,” sebutnya.

Sebab, kata Wapres, pengembangan ilmu dan riset bidang penyiaran dan jurnalisme perlu didorong agar pengetahuan terus berkembang, tidak hanya terkonsentrasi pada ilmu terapan.

Selain pemanfaatan fasilitas gedung pendidikan, soal memperhatikan budaya dan etika bangsa juga menjadi isu yang sangat penting dalam industri media saat ini.

“Kedua, pertahankan budaya dan etika bangsa dalam menghadapi perkembangan industri media,” lanjutnya.

Hal ini dikarenakan generasi muda perlu dibekali tidak hanya dengan fondasi keahlian dan kemampuan bermedia, tetapi juga nilai moral yang kuat sesuai dengan budaya dan etika bangsa. Sehingga, mereka dapat membawa produk tanah Air di pentas global.

Yang tak kalah pentingnya menurut Wapres dalam upaya menjalankan pendidikan yang maksimal, khususnya dalam menghadapi tantangan global saat ini adalah peningkatan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Ketiga, tingkatkan kerja sama dan kolaborasi, baik dengan kampus di dalam dan luar negeri guna memperluas jaringan dan memperkaya wawasan pasar global,” tuturnya.

Wapres menjelaskan, bertukar pikiran mengenai praktik dapat meningkatkan peluang keterlibatan mahasiswa dalam berbagai proyek riset dan inovasi yang bermanfaat bagi industri media digital Indonesia.

“Kampus dapat mendukung mahasiswanya melalui berbagai program beasiswa, pertukaran pelajar, dan pengembangan kurikulum,” jelasnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap, fasilitas-fasilitas ATVI, seperti gedung kampus yang baru didirikan, dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswanya sekaligus memotivasi pendidikan vokasi lain untuk melakukan pengembangan.

“Saya berharap manfaat gedung baru Kampus ATVI ini selain dirasakan oleh mahasiswa-mahasiswanya, juga dapat dijadikan contoh bagi lembaga pendidikan vokasi lainnya, khususnya dalam pengembangan kualitas dan fasilitas pendidikan,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus (Stafsus) Wapres Bidang Reformasi Birokrasi M. Nasir, Stafsus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Stafsus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (HB/RJP – BPMI Setwapres)

Sumber wapresri.go.id

Share this post