Warga Bandar Lampung Gelar Upacara HUT RI Ke-79 Gunakan Pakaian Adat dan Bahasa Lampung

17/08/2024 14:00:00 WIB 1.357

tribratanews.lampung.polri.go.id. Lampung - Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 79. Salah satunya dilakukan warga Perumahan Griya Abdi Negara, Sukabumi, Bandar Lampung yang menggelar upacara mengenakan pakaian adat serta bahasa Provinsi Lampung.

Puluhan masyarakat antusias mendandani dirinya dengan berbagai pakaian adat Lampung serta adat lainnya untuk mengikuti upacara yang dilakukan tepat pada pukul 10.00 WIB.

Dalam proses upacara ini, awalnya beberapa warga yang terbagi dalam beberapa pleton pasukan melakukan pawai kebeberapa jalan dilingkungan perumahan. Kemudian saat berlangsungnya kegiatan upacara, pembawa acara, petugas hingga inspektur upacara menggunakan bahasa Lampung dalam pelaksanaannya.

Dessy Ahad selaku Ketua RT 05, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung mengatakan kegiatan ini juga ditujukan sebagai pengingat untuk tidak melupakan perjuangan pahlawan dari Lampung dalam memerdekakan Republik Indonesia.

"Jangan sampai generasi muda kita melupakan seni budaya Lampung, seperti kata tokoh bangsa kita, jangan tanyakan apa agamamu, apa sukumu kita berbuat baik akan berjalan semuanya menjadi baik,"tuturnya.

"Jadi disini kita satukan berbagai macam budaya yang ada di Nusantara. Mudah-mudahan ini kita jadi bersatu menambah ikatan tali silaturahmi kita khususnya warga masyarakat di Perumahan Griya Abdi Negara ini agar selalu kompak," sambungnya.

Mansi selaku tokoh setempat menambahkan kegiatan ini dilakukan karena sebagian besar masyarakat setempat merupakan warga asli Lampung.

"Kita sebelumnya sudah musyawarah untuk melakukan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Kita pakai baju adat ini dan menggunakan bahasa Lampung karena mayoritas kita adalah Ulun (Orang) Lampung tapi kita juga tidak semuanya Lampung ada dari adat Jawa, Sunda dan lainnya," katanya, Sabtu (17/8/2024).

Dia menambahkan kegiatan akan terus dilakukan setiap tahunnya dengan harapan mengajak pemuda-pemudi untuk selalu cinta dengan adat istiadat Lampung.

"Insyaallah setiap tahun kegiatan ini akan dilaksanakan, pertama kali kita lakukan itu di upacara kemerdekaan ke-78. Kita juga adakan lomba, jalan sehat dan lainnya," ujar Mansi.

"Ikam (kita) ini melaksanakan ini supaya generasi muda tidak lupa akan adat budaya Lampung. Karena, semuanya ini akan diteruskan oleh generasi muda,"tandasnya.

Share this post