Waspada, Ini Sederet Buah yang Mengandung Banyak Gula

10/08/2024 20:20:00 WIB 1.241

tribratanews.lampung.polri.go.id. Jakarta. Buah menjadi salah satu pilihan pangan sehat. Namun hati-hati, ada juga beberapa buah yang mengandung kadar gula tinggi. Gula boleh jadi punya reputasi buruk di mana-mana.

Pasalnya, asupan gula berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes hingga kanker. Buah sendiri mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa. Nama terakhir merupakan salah satu jenis karbohidrat.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (7/8/24), berikut sederet buah yang mengandung kadar gula yang tinggi, antara lain:

1. Apel

Apel berukuran sedang mengandung sekitar 20,8 gram (g) gula. Jika Anda ingin membatasi potensi asupan gula dari apel, maka pilih apel hijau. Apel hijau memiliki kandungan gula yang lebih sedikit ketimbang apel merah.

2. Mangga

Sebanyak 165 g mangga potong memiliki sekitar 22,5 g gula. Untuk menjaga berat badan dan kadar gula darah, sebaiknya batasi asupan mangga per harinya.

3. Anggur

Meski tak semua terasa manis, namun sebagian besar anggur mengandung gula dalam jumlah tinggi. Sekitar 175 g anggur mengandung 23,2 g gula. Namun, anggur mengandung aneka nutrisi penting seperti senyawa antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba.

4. Semangka

Kandungan air di dalamnya membuat konsumsi semangka terasa segar di tengah udara panas. Namun, perlu diingat, semangka termasuk dalam daftar buah tinggi gula. Sepotong semangka berukuran sedang mengandung sekitar 17 g gula.

5. Pisang

Pisang jadi salah satu pilihan camilan yang menyehatkan karena rasanya yang enak. Namun sayangnya, ada banyak gula tersembunyi dalam sebuah pisang.

Satu buah pisang umumnya mengandung sekitar 15,4 g gula. Semakin matang, semakin tinggi kandungan gula dalam pisang.

6. Jeruk

Di balik kandungan vitamin C-nya yang menyehatkan, jeruk juga mengandung banyak gula. Satu buah jeruk berukuran besar umumnya mengandung sekitar 17,2 g gula.

Dengan angka tersebut, tak heran jika jeruk masuk dalam daftar buah yang mengandung kadar gula tinggi.
 

Sumber https://Tribratanews.polri.go.id

Share this post