Polres Tulang Bawang Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

01/10/2024 19:40:00 WIB 134

Tribratanews lampung polri go id

Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 tahun 2024 yang berlangsung hari Selasa (01/10/2024), pukul 08.00 WIB s/d selesai, di lapangan Mapolres setempat.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, yang diikuti oleh Pejabat Utama (PJU) Polres, para Kapolsek jajaran, perwira Polres, personel Polres dan Polsek, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Tulang Bawang.

"Hari ini, kami menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 tahun 2024. Upacara ini merupakan agenda tahunan untuk mengingatkan kembali pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara," ucap perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Lanjutnya, tujuan dari pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup bangsa Indonesia.

"Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 tahun 2024, yaitu Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas. Tema tersebut tentunya sejalan dengan visi Indonesia yang ingin mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan menjadikan Pancasila sebagai landasannya," papar perwira dengan melati dua dipundaknya.

Kapolres menerangkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 tahun 2024 ini bisa dijadikan momentum oleh seluruh personel Polres Tulang Bawang dan Polsek jajaran untuk mempertegas komitmen dalam menjaga kamtibmas berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila sebagai ideologi bangsa harus senantiasa dijaga. Kita tidak hanya memperingati Hari Kesaktian Pancasila secara seremoni saja, tapi juga harus bisa diimplementasikan dalam setiap tindakan kita sebagai personel Polri yang senantiasa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," terangnya.

AKBP James menambahkan, Pancasila adalah dasar negara yang telah terbukti menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia. Di momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 tahun 2024, mari kita kembali mengingat pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan ideologi negara Indonesia. (*)

Share this post