Hari Kartini, Polwan Polda Lampung Jadi Pembina Upacara Himbau Bahaya Hoax

Polda Lampung, Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada  tanggal 21 April 2019, Polwa Polda Lampung dan Polwan Polres Jajaran menggelar “ Polwan Go To School “ di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) dan  Kejuruan ( SMK ) di Provinsi Lampung menjadi pembina upacara menghimbau dan waspadai hoax. Senin ( 29/04/2019 )

Dalam Kesempatan ini Polwan Polda Lampung membacakan amanat Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri. S, M.M menyampaikan perkembangan teknologi informatika atau teknologi digital saat ini sangat cepat dan berdampak positif dan negatif bagi kehidupan.

Dari dampak negatif yang sangat memprihatinkan adalah kasus hoax atau berita bohong, Kementrian Kominfo merilis ada 800.000 situs yang terindikasi menyebabkan Hoax di Indonesia, Puslitbang Kompas mendapati, selama tujuh bulan yaitu Agustus 2018 hingga Februari 2019 terdapat 771 Hoax.

Lebih lanjut, kepada peserta upacara, Polwan Polda Lampung menghimbau untuk mewaspadai berita bohong / hoang dan ujaran kebencian/ hate spech yang sangat membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.

Dalam hal ini, dengan 4C yakni Cermati, Cek, Cari dan Cepat. Cermati judul dan isi beritanya, Cek sumber media terverifikasi atau anak anak, Cari perbandingan berita ( jangan percaya dengan satu sumber ) dan Cepat cari klarifikasi yang dikeluarkan media/ lembaga anti hoax yang diakui Pemerintah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + five =